Data Alam Satukan Sistem Informasi di KLHK

Jumat, 30 November 2018 · Inovasi

Jakarta -- Setelah menyegarkan tampilan website, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah mengembangkan portal satu data. Tujuannya agar data dapat terkomunikasi dengan baik kepada masyarakat. Portal yang bernama Data Alam tersebut nantinya akan digunakan untuk menyatukan seluruh sistem informasi di KLHK.

Kepala Pusat Data dan Informasi KLHK, Mahfudz, pada acara Optimalisasi Sistem Informasi LHK Daerah di Jakarta, Rabu (28/11/2018), mengaku tengah berupaya agar mengkomunikasikan data-data yang selama ini hanya disimpan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui portal Data Alam. Lewat portal itu, masyatakat dapat mengakses data serta informasi lainnya dengan mudah. "Hal tersebut menunjukkan upaya pemerintah menjadi terbuka kepada publik. Sehingga apa yang dilakukan pemerintah dapat diketahui oleh publik," ujar Mahfudz.

Baca Juga: KLHK Bangun Portal Satu Data

Mahfudz mengatakan, Indonesia memiliki kawasan hutan yang luas serta tantangan lingkungan yang besar. Karena itu, ia memikirkan bagaimana data tersebut dikontribusikan dan digunakan. Ia juga mengaku akan berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain. "Kami berupaya bagaimana masyarakat bisa memberikan informasi sekaligus memanfaatkan data yang kami sediakan," jelas Mahfudz.

Selain portal satu data, KLHK melakukan inovasi pelayanan keterbukaan informasi publik melalui pengembangan dan pemutakhiran layanan permohonan informasi melalui aplikasi PPID KLHK, serta membuka komunikasi publik memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lainnya.

Untuk mengoptimalkan inovasi, KLHK juga melakukan kegiatan evaluasi tingkat kepuasan terhadap pelayanan informasi publik. Evaluasi ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terhadap pelayanan informasi publik yang dilakukan oleh Kementerian LHK.

Tags kementerian lhk klhk siti nurbaya data alam