Tingkatkan Kapasitas Pejabat Fungsional Polhut

Sabtu, 13 April 2019 · Bentang Alam

Cibodas -- Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), khususnya Bidang PTN Wilayah III Bogor kembali menjadi tuan rumah praktek lapangan kegiatan Pelatihan Penjenjangan Fungsional Polhut Tingkat Ahli Jenjang Madya Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pejabat fungsional Polisi Kehutanan (Polhut) KLHK dan pemerintah daerah.

Peserta berjumlah 40 orang berasal dari beberapa instansi kehutanan seluruh Indonesia. Pembukaan praktek lapangan dilaksanakan pada Senin (8/4/2019) dibuka secara resmi oleh penanggungjawab program, Novianto Bambang W. dan dihadiri oleh pejabat eselon III dan IV serta Kepala Resort lingkup Bidang PTN Wilayah III Bogor. 

Baca Juga: TNBBBR Bentuk Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan

Pada kesempatan ini, Kepala Bidang III PTN Wilayah III Bogor, Dadang Suryana memaparkan tentang perlindungan dan pengamanan hutan, kemitraan konservasi pemberdayaan masyarakat, dan potensi wisata alam.

Untuk memenuhi mata diklat penyusunan rancangan kebijakan, evaluasi kebijakan, penyusunan program kerja serta konsultasi dan koordinasi, pada Selasa (9/4/2019) dilaksanakan praktek lapangan di Resort PTN Bodogol, Seksi Wilayah V, Bidang PTN Wilayah III Bogor. Didampingi Widyaiswara dan petugas dari taman nasional, para peserta melaksanakan praktek dengan tema penanganan kasus pada lokasi Batukarut, Desa Pasir Buncir; kerawanan kawasan akibat aktivitas masyarakat di daerah penyangga di Blok Ciwaluh Desa Watesjaya; pemanfaatan jasling tentang air di Desa Naggerang; dan pemanfaatan HHBK Lingkup Bidang PTN Wilayah III di KTH Wangun Jaya Desa Pasir Buncir.

Baca Juga: TN Bunaken dan Lantamal VIII Gelar Penyegaran MMP

Dari hasil praktek ditemukan fakta yang sangat bermanfaat dalam analisa untuk penentuan kebijakan pengelolaan. Mendiskusikan dan menindaklanjuti hasil temuan kegiatan praktek lapangan tersebut maka dilaksanakan acara Focus Group Disscussion (FGD) pada hari Rabu, 10 April 2019. Kegiatan ini mengundang pejabat eselon III, IV, dan Kepala Resort lingkup Bidang III TNGGP, Kapolsek Caringin, Danramil 2122 Ciawi Caringin, Danramil 2123 Cigombong Cijeruk, Camat Caringin, Camat Cicurug, Kades Pasir Buncir, Kades Watesjaya, Kades Wangunjaya, Ketua KTH Ciwaluh, ketua KTH Wangunjaya, dan Solahudin (Ketua Kader Konservasi).

Praktek lapangan pelatihan ini diakhiri pada Rabu, 11 April 2019 dan peserta kembali ke Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menyelesaikan kegiatan pembelajaran yang lainnya. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatannya secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika ASN sesuai dengan kompetensi jabatannya. Selain itu diharapkan peserta mampu memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat. 

Tags kementerian lhk klhk siti nurbaya bpsdm tnggp