TN Matalawa Koordinasi dengan DLH Sumba Tengah

Rabu, 15 Mei 2019 · Tata Kelola

Waingapu -- Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) yang terletak di tiga kabupaten di Pulau Sumba terus meningkatkan kerjasama dengan para pemangku kawasan. Untuk itu, Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M didampingi Kepala SPTN Wilayah I, Abdul Basit Nasriyanto, S.Hut, M.Sc, melakukan koordinasi ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sumba Tengah.

Ditemui langsung oleh Kepala Dinas, Fredikus M. Nanga, Kepala Balai TN Matalawa mendiskusikan beberapa hal penting. Salah satunya adalah rencana pembangunan bendungan.  Kepala Balai berharap, pengelola TN Matalawa turut dilibatkan dalam pembangunan tersebut. Sebab, Daerah Aliran Sungai (DAS) yang akan dijadikan bendungan memiliki hulu di dalam kawasan TN Matalawa. Selain bendungan, Kepala Balai juga mengungkapkan rencana pengelolaan wisata berwawasan lingkungan (ekowisata). 

Baca Juga: TN Matalawa Cegah Kepunahan Burung Endemik Sumba

Di akhir pertemuan, Kepala Balai memberikan 2 buah buku cetakan TN Matalawa sebagai buah tangan untuk menambah khasanah pengetahuan tentang burung dan capung di Sumba.

Selain berkoordinasi dengan Dinas LH, Kepala Balai juga menemui Kepala Kantor Burung Indonesia Wilayah Sumba. Yohanis Djarawali sebagai kepala kantor mengaku dirinya menjadi pencetus lahirnya TN di kawasan Sumba. Ia menceritakan bagaimana kronologis penataan batas kawasan secara partisipatif sehingga menjadi batas definitif seperti sekarang. Dalam kunjungan ini juga dibahas cara-cara pengelolaan kawasan khususnya perlindungan dan pelestarian burung-burung di Pulau Sumba.

Tags kementerian lhk klhk siti nurbaya tn matalawa