Kabalai TN MerBeti Koordinasi Lewat Safari Ramadan

Senin, 20 Mei 2019 · Konservasi

Kalibaru -- Kepala Balai Taman Nasional Meru Betiri (MerBeti), Maman Surahman melaksanakan Safari Ramadan, 16-17 Mei 2019. Pada Kamis (16/5/2019), Maman didampingi Kepala SPTN Wilayah III Kalibaru, Sulistrianto melakukan koordinasi di kantor PTPN XII Perkebunan Malangsari. 

Kedatangan TN MerBeti disambut manajer perkebunan, Jaenuri. Dalam kesempatan ini, dibahas mengenai kerjasama terkait pengamanan kawasan TN MerBeti yang berdampingan dengan Perkebunan Malangsari  sehingga perlu penyamaan persepsi. Selain itu, dibahas juga mengenai pemberdayaan masyarakat Malangsari yang merupakan daerah penyangga TN MerBeti berupa budidaya ikan air tawar. Dengan adanya koordinasi antara dua pucuk pimpinan diharapkan bisa membuat kegiatan konkret untuk pengamanan dan pemberdayaan masyarakat di TN MerBeti.

Baca Juga: Kepala Balai TN MerBeti Laksanakan Patroli Bersama

Sore harinya dilakukan buka bersama di Malangsari yang dihadiri juga oleh ASN, Tenaga Harian Lepas (THL), dan MMP (Masyarakat Mitra Polhut) SPTN Wilayah III Kalibaru. Malam harinya, dilakukan pengamanan  hutan dengan cara menyanggong (menjaga) akses masyarakat keluar masuk kawasan TN MerBeti. Hasilnya tak ditemukan adanya pelanggaran tipihut.

Pada Jumat (17/5/2019), Kabalai TN MerBeti mengunjungi kawasan Blok Sengkareng Malangsari. Akses ke sana tak bisa ditempuh dengan kendaraan roda 4, sehingga dilanjutkan dengan menggunakan sepeda motor. Kabalai bangga dengan kondisi hutan TN MerBeti yang terlihat masih utuh dibanding kawasan hutan di sekitarnya. 

Dalam perjalanan ini MMP merasa puas dan gembira atas kehadiran Kabalai. “Jaga kekompakan dan kebersamaan, dipastikan kerja kita menjadi ringan,” katanya.

Tags kementerian lhk klhk siti nurbaya tn merbeti konservasi