Ini Hasil Patroli Sampah TN Bunaken

Senin, 09 September 2019 · Tata Kelola

Manado -- Sebanyak 405 kg sampah terkumpul selama bulan Agustus 2019 dalam patroli sampah di perairan Pulau Bunaken. Sampah didominasi plastik dan serpihan kayu. Menurut Koordinator Resort Bunaken, Frans Motto, petugas patroli hampir setiap hari mengangkat sampah di air. Dominasi sampah yang ditemui umumnya adalah plastik, mengambang di air yang kemudian diambil dengan serok oleh petugas.

"Saat ini kami dibantu para pihak untuk terlibat dalam kegiatan pembersihan sampah perairan. Terdapat 2 perahu yang melakukan aktivitas pengangkatan pada pagi dan sore hari. Aktivitas pengangkatan pagi dan sore dikarenakan kami melihat umumnya sampah terbawa arus, di saat pasang pagi dan pasang sore sampah banyak. Sampah-sampah yang terkumpul dimasukan ke dalam karung. Setiap hari, petugas patroli mengangkat sampah sebanyak 4 karung dengan rata-rata 6-9 kg/karung," katanya.

Baca Juga: Ubah Sampah Plastik Jadi Paving Block

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si menyampaikan, terkait sampah yang masuk ke kawasan perairan, selayaknya menjadi perhatian bersama. "Dalam rangka memperingati HUT RI ke 74, kami dengan mitra seperti Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui DLH Daerah Sulawesi Utara, Lantamal VIII, FPIK Universitas Sam Ratulangi, Pemerintah Kota Manado, dive center dan LSM bersama-sama masyarakat melakukan kegiatan bersih pantai dan bawah laut. Setelah ditimbang terkumpul 700 kg," katanya.

Selama bulan agustus banyak sekali agenda kegiatan bersih sampah, baik yang dilakukan di dalam kawasan, pulau-pulau maupun yang dilakukan sepanjang wilayah pesisir. Kondisi perairan Taman Nasional Bunaken relatif tenang, memang dalam beberapa hari ini angin sering bertiup cukup kencang, yang menyebabkan arus pula, bisa jadi sampah-sampah terbawa oleh arus tersebut.

Baca Juga: HUT Ke-74 RI, TN Bunaken Gelar Aksi Bersih Sampah

"Paling tidak kita perlu waspadai, disaat musim panas sampah banyak masuk ke kawasan, bagaimana nanti ketika musim penghujan, kita butuh komitmen untuk penanganan sampah mulai dari hulu sampai ke hilir," kata Farianna.

Tags kementerian lhk klhk siti nurbaya tn bunaken sampah