Pembangunan Research Center di TN Baluran Dimulai

Rabu, 09 Oktober 2019 · Tata Kelola

Baluran - Kepala Balai Taman Nasional Baluran, Ir. Bambang Sukendro,MM dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus A. Kristensen meresmikan pembangunan Research Center di SPTN Wilayah I Bekol, Selasa (8/10/2019). Ini merupakan hibah Copenhagen Zoo Denmark untuk TN Baluran.

"Dengan adanya research center diharapkan dapat melahirkan peneliti-peneliti yang andal, sehingga mampu memberikan jawaban terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh Taman Nasional Baluran," ujar Bambang.

Baca Juga: Warga Desa Penyangga TNBB Timba Ilmu Ekowisata

Kegiatan ini sekaligus sebagai kunjungan pertama Duta Besar Denmark ke TN Baluran. Kristensen mengungkapkan Baluran merupakan tempat yang luar biasa "Ini merupakan kawasan yang luar biasa, untuk penelitian dan juga pariwisata. Research center ini akan menjadi aset untuk Baluran yang diharapkan tidak hanya untuk membawa peneliti dari seluruh dunia tapi juga untuk peningkatan pariwisata," katanya.

Pemutaran Bor Pile dilakukan bersama antara Kepala Balai TN Baluran dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia sebagai simbolis dimulainya pembangunan dan dilanjutkan dengan menyimak paparan singkat tentang konsep bangunan dari Research Center yang mengambil tema Majapahit.

Baca Juga: BLI KLHK Dukung Pengelolaan Taman Nasional

Copenhagen Zoo dan TN Baluran telah menjalin kerjasama melalui Copenhagen Zoo Baluran Programme. Kerjasama yang telah berlangsung sejak tahun 2012 ini ditujukan untuk Konservasi Satwa Liar di Taman Nasional Baluran.

Tags kementerian lhk klhk siti nurbaya tn baluran