BKSDA NTB Sampaikan Bantuan ke Dua Desa Penyangga

Jumat, 18 Oktober 2019 · Konservasi

Sumbawa -- Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Barat (NTB), Ir. Ari Subiantoro, M.P., Kepala SKW II Sumbawa, Arap, S.P. beserta staf memberikan bantuan usaha ekonomi produktif masyarakat untuk dua desa di daerah penyangga kawasan konservasi yakni TWAL Pulau Moyo dan CA Pulau Panjang.

Acara dihadiri juga Camat Moyo utara, Ardian Pranata, S.STP., sekretaris dan staf, Kepala Desa Kukin beserta sekretaris dan Kepala Dusun Ai Bari. "Keberadaan TWAL Pulau Moyo dengan segala potensi wisata pantai dan terumbu karang adalah berkah untuk kita semua. Dengan bantuan ini diharapkan masyarakat juga dapat lebih merasakan manfaat secara ekonomi dari berkah itu," ujar Kepala SKW II Sumbawa, Arap S.P. 

Baca Juga: BKSDA NTB Peringati World Clean-up Day 2019

Kepala BKSDA NTB, Ir. Ari Subiantoro, M.P. menambahkan, bantuan ini hanya permulaan. "Semoga ke depan masyarakat bisa mengembangkan bantuan ini sehingga muncul alternatif atraksi wisata baru di TWAL Pulau Moyo ini," katanya.

Dua desa daerah penyangga sebagai penerima bantuan ekonomi produktif adalah Desa Kukin Dusun Ai Bari Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa melalui Kelompok Masyarakat "Bina Tanjung Pasir Sejahtera" untuk TWAL Pulau Moyo dan Desa Labuhan Mapin Kecamatan Alas Barat Kabutapen Sumbawa melalui Kelompok Masyarakat "Sinar Lestari" untuk CA Pulau Panjang.

Baca Juga: Pemkab Sumbawa Barat Peduli Kawasan Konservasi

BKSDA NTB memberikan bantuan usaha ekonomi produktif kepada Kelompok Bina Tanjung Pasir Sejahtera berupa 5 set alat snorkling dan pelampung dan 1 set kayak. Melalui bantuan ini, diharapkan perekonomian anggota kelompok dapat terbantu melalui penyediaan jasa penyewaan alat snorkling untuk para pengunjung di TWAL Pulau Moyo.

Sementara untuk Kelompok Sinar Lestari, bantuan yang diberikan berupa satu unit sampan beserta mesin, tali dan jangkar. Salah satu harapan besar BKSDA NTB adalah dapat membantu perekonomian anggota kelompok melalui jasa penyewaan sampan dan harapan lain untuk bersama-sama BKSDA NTB menjaga Kawasan Konservasi, mengingat sebagian besar Anggota kelompok juga merupakan anggota MMP yang sering melakukan patroli dan pengamanan di wilayah CA Pulau Panjang.

Tags kementerian lhk klhk siti nurbaya bksda ntb